fbpx
turunkan demam anak

Pertolongan Pertama Cepat Turunkan Demam Anak 

Seringkali para Ibu dihadapkan dengan si kecil yang sakit demam tiba-tiba. Tapi mereka bingung apa yang harus dilakukan karena panik. Perlu ibu ketahui, demam terjadi ketika suhu tubuh anak melebihi 37,2 derajat Celsius bila diukur dari ketiak, melebihi 37,8 derajat Celsius bila diukur dari mulut, atau di atas 38 derajat Celsius bila diukur dari dubur. Ketika Anda menghadapi situasi seperti ini, Anda harus cepat tanggap memberikan pertolongan pertama. Karena jika dibiarkan, akan memperparah keadaan si kecil. OBH tropica akan memberikan solusi untuk para ibu semua, melalui pertolongan pertama apa saja yang cepat turunkan demam anak. Simak ulasannya berikut ini!

1. Kompres anak

Untuk turunkan demam anak, ibu perlu tahu cara mengompres yang benar:

Pertama-tama, sediakan baskom berisi air hangat dengan suhu kurang lebih 38 derajat Celsius, lalu basahi handuk atau waslap dengan air hangat tersebut. Bukakan baju anak saat mengompres. Letakkan handuk hangat jangan hanya di dahi saja, karena kurang efektif menurunkan demam. Tapi letakkan juga di lipatan-lipatan pembuluh darah besar, seperti di ketiak dan lipatan paha agar panas tubuh dapat cepat keluar lewat pori-pori. Kompres bagian tubuh tersebut kurang lebih selama 10 menit. Bila handuk sudah tidak lagi hangat, rendam lagi handuk dalam air hangat. Kompres lagi sampai suhu tubuh anak menurun. Selesai mengompres, keringkan bagian tubuh yang dikompres dengan cara menekan-nekan kulit dengan handuk kering, jangan digosok. Kenakan kembali baju Si Kecil. (sumber: halodoc)

2. Jaga suhu ruangan

Saat anak sakit kita harus menjaga suhu ruangan pastikan tempatkan si kecil di ruangan yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Oleh karena, turunkan demam anak dengan mengatur suhu ruangan dengan baik. Idealnya adalah pada suhu 25-28 derajat celcius. Pastikan tidak mengarahkan angin AC langsung ke tubuh anak.

3. Jangan pakaikan baju yang terlalu tebal

Hindari memakaikan si kecil pakaian yang tebal. Alih-alih berkeringat dan demam turun, hal ini malah akan mencegah keluarnya panas dari dalam tubuh. Pakaikan si kecil  baju yang tipis dan longgar untuk membantu proses penguapan panas. Tutupi anak dengan selimut tipis apabila ia kedinginan atau menggigil.

4. Berikan obat pereda demam dari OBH Tropica

Untuk menurunkan demam anak tentunya Anda bisa berikan OBH Tropica Plus Anak. OBH Tropica Plus ampuh mengobati batuk yang disertai gejala influenza seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. Varian rasa yang manis pastinya akan disukai si kecil. Pertolongan pertama turunkan demam pada anak pastikan pilih OBH tropica ya! Dapatkan OBH Tropica di Shopee Tropicaofficial, website Halodoc, dan website K24. Temukan artikel mengenai kesehatan lainnya di sini.

 

Post a Comment