fbpx
Penyebab Batuk Kering

Anak Alami Batuk Kering? Kenali 3 Penyebab Umumnya

Batuk kering atau yang biasa disebut batuk non produktif adalah jenis batuk yang tidak menghasilkan dahak atau lendir. Walaupun terlihat sepele, batuk ini tetap berbahaya apabila terus dibiarkan. Jenis batuk juga ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Maka dari itu, anda perlu waspadai penyebab batuk kering yang kemungkinan dapat diderita oleh si kecil. Simak penyebab penjelasannya di bawah ini.

Menghirup Benda Asing

Si kecil yang senang bermain kadang aktivitasnya tak terkontrol oleh orang tua. Ia bisa saja bermain di tempat berdebu atau berpasir yang dapat ia hirup tanpa sengaja. Faktor ini akan memicu batuk kering karena partikel kecil yang masuk ke dalam hidung atau mulutnya dapat bersarang di jalan pernapasan. Hal ini dapat mengganggu saluran pernapasan si kecil dan menyebabkan batuk kering sekaligus sesak napas.

Terinfeksi Virus

Si kecil yang terpapar oleh infeksi virus juga bisa mengalami batuk kering. Contoh virus yang dapat menyerang dirinya adalah virus influenza, pilek, dan pneumonia. Virus tersebut akan berkembang di kotak suara dan batang tenggorokan si kecil dan mengakibatkan radang tenggorokan. Kondisi ini akan semakin parah pada malam hari atau saat udara dingin karena saluran udara di paru-paru akan menyempit. Hal ini mengakibatkan timbulnya rasa gatal dan menyebabkan si kecil batuk terus-menerus.

Memiliki Alergi pada Benda Tertentu

Apabila si kecil memiliki alergi seperti bulu binatang, debu, atau benda tertentu, si kecil berpeluang terkena batuk kering. Alergi merupakan respon alami sistem kekebalan tubuh untuk mengidentifikasi suatu benda yang masuk. Reaksi tersebut muncul melalui beragam cara, salah satunya batuk kering. Maka dari itu, apabila si kecil mulai mendekati benda yang menjadi pemicu alergi, segera bawa ia ke tempat yang aman dan pastikan tidak ada benda tersebut di sekelilingnya.

3 faktor di atas adalah penyebab batuk kering yang paling sering menyerang si kecil. Batuk kering dapat sembuh jika anda menghindari si kecil dari pemicu di atas dan rutin meminumkan obat. Untuk obat batuk yang ampuh redakan batuk kering, anda dapat percayakan OBH Tropica Plus. Terdapat 2 varian rasa yang pasti si kecil sukai yaitu jeruk dan strawberry. Anda bisa mendapatkannya di apotek atau minimarket terdekat dan melalui Shopee Tropicaofficial. Baca juga artikel lainnya seputar kesehatan di sini.

Post a Comment