fbpx
batuk alergi

Batuk Alergi dan Cara Pengobatannya

Batuk alergi seringkali dianggap enteng karena indikasi nya pun tidak begitu terlihat signifikan berbeda dengan jenis batuk-batuk lainnya. Biasanya akan ditandai dengan tanda-tanda yang hampir mirip dengan jenis-jenis batuk lainnya seperti bersin, hidung berair atau gatal dan batuk. Tapi ternyata, kondisi batuk jenis ini sangatlah berbeda dengan batuk, flu dan pilek biasanya.

Durasi Batuk Berlangsung Lama

Jika flu atau pilek disebabkan oleh virus yang menular dan terkadang menunjukkan beberapa gejala tambahan seperti sakit tenggorokan, demam dan rasa nyeri di sekujur tubuh. Selain itu, yang paling membedakan flu dan pilek dengan batuk ini adalah dari segi durasinya dimana flu dan pilek tidak akan berlangsung lebih dari dua minggu.

Berbeda hal nya dengan batuk alergi yang bisa berlangsung selama berbulan-bulan. Secara umum, alergi disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan ketika memberikan perlawanan pada benda asing yang kadang tidak begitu berbahaya seperti contohnya debu. 

Dari situlah tubuh akan mengeluarkan sebuah zat bernama zat kimia histamin. Zat inilah yang menyebabkan saluran hidung membengkak dan menjadikan kita bersin-bersin ataupun batuk-batuk dan mengindikasikan kepada alergi.

Ciri-Ciri Batuk Alergi

Saat gejala batul alergi mulai muncul, biasanya akan ditandai dengan rasa menggelitik di daerah tenggorokan. Ketika sedang berada di luar ruangan, akan sering terbatuk, apalagi jika tiba-tiba terpapar oleh alergen. Alergen sendiri merupakan pemicu dari munculnya batuk alergi seperti debu, serbuk sari tanaman, bulu hewan, spora hingga kecoa.

Selain itu, jenis batuk ini seringkali lebih memburuk ketika malam hari khususnya saat hendak tidur. Ini karena pada malam hari, posisi kita akan lebih sering berbaring, menyebabkan dahak tergenang di paru-paru kemudian naik hingga tenggorokan dan batuk akan secara refleks muncul.

Pengobatan Batuk Alergi

Jangan khawatir, ada banyak cara untuk mengobati batuk alergi agar lebih cepat hilang. Seperti banyak mengkonsumsi air putih, menggunakan alat semprot hidung dan mandi air hangat. Jika perlu, cobalah untuk mengkonsumsi obat pereda batuk yang mengandung menthol agar tenggorokan terasa lebih lega. Rangkaian obat pereda batuk OBH Tropica memiliki rasa menthol yang mampu mengatasi tenggorokan kering sehingga terasa lebih lega. Anda bisa mendapatkan OBH Tropica di Shopee Tropicaofficial, website Halodoc, dan website K24. Temukan artikel mengenai kesehatan lainnya di sini.

 

 

Post a Comment