fbpx
Cegah Batuk

Cegah Batuk Agar Tetap Semangat Saat Puasa

Marhaban Yaa Ramadhan, Tak lama lagi kita memasuki bulan suci Ramadhan. Ibadah puasa yang dijalankan selama satu bulan ini akan lebih sempurna jika kesehatan tubuh kita selalu terjaga. Akan tetapi, seringkali batuk menyerang dan mengganggu kelancaran puasamu. Hal ini bisa disebabkan oleh penurunan stamina, saluran pernafasan yang terganggu dikarenakan asap dan debu, atau banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak dan kadar gula yang tinggi. Yuk, cegah batuk saat puasa dengan cara-cara berikut ini.

Penuhi Kebutuhan Tidur

Cegah batuk dengan cara menjaga stamina saat puasa, salah satunya dengan mengoptimalkan waktu tidur selama 6–8 jam per hari. Selama berpuasa, jam tidur akan berubah dari biasanya, kita harus bangun lebih dini untuk makan sahur. Hal ini mungkin dapat menyebabkan kita kurang tidur, sehingga imunitas tubuh menurun dan berbagai penyakit seperti batuk menyerang. Solusinya, kamu bisa tidur lebih awal dari biasanya.

Hindari Minum Air Dingin dan Bersoda

Konsumsi air dingin, terutama saat berbuka, memang dapat seketika memberikan rasa segar setelah menahan haus seharian.Tapi hal ini justru akan menjadi pemicu batuk, bahkan memperparah jika kamu sudah terlanjur terkena batuk. Untuk itu, hindari minum air dingin ataupun bersoda. Sebaiknya minum air hangat yang akan membantu mengencerkan lendir dan melegakkan tenggorokan. Sehingga kamu akan lebih nyaman saat berpuasa dan tenggorokan terjaga. 

Hindari Konsumsi Gorengan

Saat berpuasa, penting untuk kita memilih makanan yang tepat. Kadar minyak dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan menggumpalnya dan menghambatnya sel darah merah. Hal tersebut membuat  aliran oksigen ke dalam tubuh menjadi berkurang hingga 20 persen, sehingga kamu  akan mudah mengantuk saat berpuasa. Tak hanya itu, dengan membatasi konsumsi gorengan, kamu dapat cegah batuk saat berpuasa, sekaligus juga menghindari produksi lendir berlebih di tenggorokan.

Penuhi Asupan Vitamin & Mineral

Tips cegah batuk selanjutnya adalah dengan memenuhi asupan cairan saat sahur dan berbuka. Hal ini ini membantu tubuhmu tetap terhidrasi sehingga cairan dalam tubuh tercukupi. Selain banyak minum air, Anda juga bisa menambahkan sedikit garam ke dalam makanan atau minuman sebagai pengganti elektrolit tubuh yang hilang melalui keringat. 

Jika batuk sudah terlanjur menyerang, tubuh sangat membutuhkan asupan vitamin C untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Asupan tinggi protein dan kalori juga dibutuhkan untuk membantu tubuh melawan infeksi. Tak lupa selalu sediakan juga OBH Tropica untuk meredakan batuk dengan segera. Anda bisa mendapatkan OBH Tropica di apotek atau minimarket terdekat dan online melalui Shopee Tropicaofficial. Batuk? Minum OBH Tropica Aja~

Temukan artikel seputar kesehatan lainnya di sini. 

Post a Comment