fbpx
Batuk Alergi Pada Anak

Cermati 3 Ciri Pembeda Batuk Alergi pada Anak dengan Jenis Batuk Lain

Batuk yang kerap kali mengganggu anak sering kali disamakan dengan jenis batuk lainnya. Sebenarnya, batuk bisa dipicu oleh beberapa faktor, seperti bakteri, virus, atau alergi. Orang tua biasanya langsung membawa anak ke dokter atau memberinya obat-obatan saat si kecil terserang batuk. Sebelum mengambil tindakan tersebut, ada baiknya Anda mencermati terlebih dahulu jenis batuk apa yang diderita si kecil. Ini karena tidak semua jenis batuk bisa disembuhkan dengan meminum obat, contohnya batuk alergi. Maka dari itu, yuk simak ciri-ciri batuk alergi pada anak yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Batuk Alergi Tak Menular

Si kecil yang memiliki batuk alergi tidak akan menular ke orang-orang di sekitarnya. Batuk yang muncul akibat alergi bisa jadi diturunkan oleh orang tuanya yang memang memiliki alergi tertentu. Selain itu, batuk alergi juga tidak mengandung virus atau bakteri. Apabila di kecil batuk, orang disekitarnya tidak akan ikut tertular batuk karena tidak ada virus yang menyebar. Ini hanyalah reaksi tubuh saat mendeteksi alergi yang masuk ke tubuh si kecil.

Batuk Alergi Reda dengan Sendirinya

Batuk yang dipicu oleh alergi menandakan tubuh si kecil sedang melawan benda asing yang tidak bisa diterima oleh tubuh. Benda asing tersebut pun beragam, contohnya debu, bulu hewan, atau udara dingin. Saat batuk alergi terjadi, tubuh mengeluarkan zat antihistamin dan menyebabkan hidung bengkak lalu berakhir dengan bersin atau batuk. Ini adalah hal yang normal karena proses tersebut merupakan reaksi alami yang dilakukan oleh tubuh untuk melawan alergen. Batuk alergi pun akan berhenti dengan sendirinya apabila alergi sudah menghilang dari tubuh atau lingkungan si kecil.

Batuk Alergi Disebabkan Oleh Beberapa Faktor

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, batuk alergi pada anak dapat muncul karena beberapa hal. Beberapa contoh umumnya adalah masuknya partikel kecil seperti debu, serbuk sari, dan bulu binatang ke tubuh si kecil. Untuk menghindari kambuhnya batuk alergi, Anda harus jeli terhadap benda yang ada di sekelilingnya atau tempat bermain si kecil. Si kecil bisa saja bermain di tempat yang penuh debu atau kebun bunga yang serbuk sarinya bertebaran di mana-mana. Apabila si kecil sudah mulai menunjukkan gejala batuk, segera bawa ia ke tempat yang bersih dari pemicu alergi. Selain batuk, alergi juga dapat menyebabkan sesak napas. Hal ini karena saluran pernapasan semakin menyempit sehingga menyebabkan sesak.

Tiga ciri di atas menjadi pembeda antara batuk alergi pada anak dengan jenis batuk lainnya yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Apabila si kecil menderita batuk yang dipicu oleh virus, Anda perlu mengistirahatkan si kecil di rumah agar virus tidak menyebar ke tempat yang lebih luas dan menularkan orang lain. Untuk melawan batuk yang disebabkan oleh virus, Anda bisa berikan OBH Tropica Anak yang mengandung formulasi untuk meredakan berbagai jenis batuk pada anak. Anda bisa mendapatkannya di Alfamidi, apotek, atau online melalui Shopee Tropicaofficial. Mulai sekarang, yuk jaga kesehatan si kecil agar ia bisa bebas bermain dan ceria selalu.

Post a Comment