fbpx
etika batuk

Etika Batuk untuk Cegah Penularan Virus

Di musim pandemi saat ini, virus bisa dengan mudah berpindah jika imun kita sedang tidak baik. Untuk itu penting bagi kita semua sadari, khususnya apabila kita sedang mengalami batuk yang tak kunjung sembuh. Anda perlu segera bertindak bagaimana melindungi orang lain agar tidak tertular juga. Hal yang paling baik dilakukan, jika Anda merasa tidak enak badan adalah tetap berdiam di rumah dan menjaga jarak dengan oranglain. Jika Anda memang terpaksa harus keluar rumah/berada di depan umum dan mendapati diri Anda batuk atau bersin, sangat penting bagi Anda untuk mengenakan masker wajah. Masker wajah akan mencegah droplets yang dikeluarkan saat batuk atau bersin menjangkau serta menginfeksi orang lain. Bagaimana jika Anda lupa membawa masker? Berikut kami rangkum apa saja etika batuk yang baik dan benar di bawah ini.

Etika Batuk yang Baik dan Benar

  • Gunakan tisu untuk menutupi mulut dan hidung setiap kali Anda batuk atau bersin. (Arahkan batuk ke siku Anda jika tisu tidak tersedia. Ketika batuk hindari menutup mulut dengan tangan terbuka.
  • Saat batuk atau bersin, selalu jauhkan wajah dari orang-orang di sekitar Anda.
  • Tempatkan tisu bekas Anda segera di tempat sampah.
  • Cuci tangan Anda dengan sabun dan air atau gunakan pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60 hingga 95% alkohol. Setelah Anda batuk atau bersin.

Etika batuk ini didasari atas pernyataan bahwa Saat Anda batuk mengarah ke udara, Anda sebenarnya dapat mengirimkan kuman dan virus sejauh 1 sampai 2 meter ke depan. Dan jika Anda batuk sembari menutup tangan, Anda dapat memindahkan kuman dari satu tempat ke tempat lain saat Anda menyentuh benda lain. Virus biasanya menyebar melalui tangan yang tidak bersih dan menyentuh wajah Anda setelah menyentuh permukaan yang terkontaminasi. Jadi, sangat penting mengaplikasikan etika batuk dengan mencuci tangan dan selalu menutupi batuk atau bersin, atau langkah yang paling baik adalah dengan menggunakan masker wajah.

Segera minum obat batuk untuk tuntaskan gejala batuk, agar Anda dapat kembali berkomunikasi dengan lancar dan menjalani kegiatan lebih optimal. Namun, jika Anda batuk secara menerus selama lebih dari 2 minggu, sebaiknya Anda perlu menemui dokter secepatnya.

Batuk tak kunjung reda? OBH Tropica Aja~

Post a Comment