fbpx
Flu Saat Puasa

Flu Saat Puasa Ganggu Aktivitas? Atasi dengan Cara Ini

Sakit flu saat puasa tentu terasa dan lebih berat dari biasanya. Pasalnya, kita tidak bisa makan, minum, dan mengonsumsi obat secara rutin. Flu saat puasa juga mengakibatkan tenggorokan kering dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Lalu, apakah ada cara agar kita tetap bisa berpuasa selama mengidap flu? Jangan khawatir, kami telah merangkum 4 cara efektif yang akan membantu Anda tetap lancar berpuasa walaupun sedang menderita flu. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Perbanyak Minum Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Ketika puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama 12 jam. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan pola minum 2-4-2. Arti dari pola tersebut adalah meminum air 2 gelas saat sahur, 4 gelas di malam hari atau sebelum tidur, dan 2 gelas saat berbuka puasa. Dengan begitu, kebutuhan minum harian dengan total 8 gelas pun bisa tercapai.

Istirahat yang Cukup

Apabila jadwal kerja Anda cukup padat, sebaiknya kurangi aktivitas yang terlalu menguras tenaga. Dianjurkan juga untuk tidak datang ke kantor agar virus influenza tidak tertular kepada rekan kerja Anda. Luangkanlah waktu untuk beristirahat di rumah dan tidur yang cukup. Tidur dapat mengumpulkan energi untuk melawan infeksi virus influenza. Saat tidur, fungsi tubuh Anda berada di posisi terendah sehingga sistem kekebalan tubuh dapat bekerja secara maksimal.

Konsumsi Makanan Bergizi dan Bernutrisi saat Sahur dan Berbuka

Asupan makanan perlu Anda perhatikan dan saat menderita flu. Untuk itu, perbanyaklah konsumsi buah dan sayur agar kebutuhan nutrisi harian terpenuhi. Saat sakit, tubuh juga memerlukan asupan vitamin C yang tinggi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C seperti mangga, jeruk, dan pepaya. Selain itu, makanan dengan kandungan protein yang tinggi seperti telur dan daging juga perlu Anda konsumsi untuk membantu melawan infeksi.

Minum Obat saat Sahur dan Berbuka

Satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah mengonsumsi obat pereda flu. Biasanya, seseorang yang sakit perlu meminum obat 3 kali sehari atau dalam rentang waktu 8 jam. Sama seperti minum air, Anda juga dapat mengatasinya dengan meminum obat saat berbuka puasa, sebelum tidur, dan sahur. Supaya rentang waktunya tidak terlalu jauh, Anda bisa meminum obat mendekati imsak.

Sekarang, fllu bukan lagi halangan untuk berpuasa. Keempat cara di atas bisa Anda terapkan ketika mengidap flu saat puasa supaya ibadah tetap lancar dan penyakit pun reda. Apabila Anda saat ini sedang menderita flu yang disertai demam dan batuk, Anda bisa meminum OBH Tropica Plus dengan kandungan mentholnya yang menyegarkan. Produk OBH Tropica bisa anda dapatkan di apotek, minimarket, atau Shopee: Tropicaofficial.

Post a Comment