fbpx
cara mengompres anak

Inilah 3 Cara Mengompres Demam pada Anak agar Panas Cepat Turun

Saat anak demam, biasanya hal pertama yang ibu lakukan untuk menurunkan panasnya adalah mengompres dahi. Mengompres memang menjadi cara alternatif untuk meredakan demam. Namun, anda juga perlu memperhatikan cara mengompres yang baik dan benar pada anak. Hal ini dikarenakan masih banyak ibu yang mengompres anak dengan cara yang salah, contohnya mengompres pakai air dingin. Oleh karena itu, ketahui cara mengompres demam pada anak dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 

Kompres pada Bagian Tubuh yang Tepat

Dahi menjadi tempat yang paling umum untuk mengompres demam. Faktanya, ada bagian tubuh lain yang dapat dijadikan tempat untuk mengompres demam. Menurut dr. Dien, bagian tubuh dengan pembuluh darah yang besar dan dekat dengan permukaan kulit dapat mengeluarkan suhu panas tubuh dengan cepat. Bagian tubuh tersebut adalah lipatan paha, ketiak, leher, dan selangkangan. Lakukan pengompresan selama 15-20 menit pada bagian tubuh tersebut untuk menurunkan suhu panas pada anak. Cara mengompres demam yang satu ini efektif menurunkan panas dengan cepat.

Perhatikan Suhu Air

Cara mengompres demam selanjutnya adalah dengan memperhatikan suhu air. Semakin tinggi suhu tubuh, maka air pada kompresan pun harus semakin hangat. Suhu terbaik untuk mengompres anak yang menderita demam ringan adalah 27-34 derajat celcius. Jika suhu anak mencapai 39 derajat celcius, maka anda dapat mengompresnya menggunakan air hangat dengan suhu 34-37 derajat celcius. Oleh karena itu, sebelum mengompres, anda perlu mengecek suhu tubuh anak terlebih dahulu menggunakan termometer.

Mengompres dengan Cara Menyeka

Selain dengan langkah di atas, ada cara mengompres demam yang lainnya yaitu menyeka tubuh anak. Saat menyeka, anda juga harus memperhatikan suhu air yang dipakai, yakni tidak boleh melebihi suhu tubuh anak. Untuk melakukan cara ini, usapkanlah air hangat ke seluruh tubuh anak menggunakan handuk yang sudah dibasahi air hangat. Kemudian keringkan badan anak menggunakan handuk kering. Anda dapat melakukan cara ini per 15-20 menit sampai suhu badannya menurun di bawah 38 derajat celcius.

Itulah 3 cara mengompres demam pada anak dengan cara yang efektif. Selain dengan mengompres, anda juga dapat memberikan paracetamol agar demam anak bisa mereda dengan cepat. Untuk itu, berikan OBH Tropica Plus Anak yang berkhasiat meringankan gejala demam dan pilek yang disertai batuk. Dapatkan OBH Tropica Plus Anak di apotek dan minimarket terdekat atau online melalui Shopee Tropicaofficial, website Halodoc, dan website K24. Temukan artikel mengenai kesehatan lainnya di sini.

 

Post a Comment