fbpx
Mengatasi Demam pada Anak

Jangan Lakukan 3 Hal Ini untuk Mengatasi Demam pada Anak!

Ibu pasti tak tega melihat kondisi si kecil yang tidak nyaman karena demam yang sedang dideritanya. Berbagai tindakan dan upaya selalu ibu lakukan demi meredakan demam si kecil, contohnya meminumkan obat, mengompres dahi, atau menyalakan AC di kamar. Sebenarnya, demam merupakan reaksi alami tubuh untuk melawan bakteri yang berkembang. Ibu tidak perlu memberikan pengobatan khusus dan terlalu serius karena demam akan hilang dengan sendirinya. Maka dari itu, ibu perlu memerhatikan hal apa saja yang tidak boleh dilakukan untuk mengatasi demam pada anak. Simak selengkapnya di bawah ini.

Lalai Memberikan Air Mineral kepada Anak

Saat demam, tubuh memerlukan banyak asupan air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Jika suhu tubuh si kecil naik, maka akan semakin banyak cairan yang berkurang di dalam tubuhnya. Oleh karena itu, ibu perlu memberikan air mineral kepada si kecil agar cairannya kembali tercukupi. Air mineral tidak hanya berfungsi sebagai pengganti cairan, tapi membuat tubuh merasa nyaman dan mempercepat proses pemulihan demam.

Memakaikan Selimut untuk Meredakan Demam pada Anak

Anak yang sedang demam pasti akan merasa kedinginan dan menggigil. Pertolongan pertama yang biasa ibu lakukan adalah memakaikan selimut untuk meredakan rasa dinginnya. Namun, ternyata cara meredakan demam pada anak yang satu ini kurang tepat lho. Kedinginan yang ia rasakan merupakan reaksi tubuh untuk melawan penyakitnya. Meski ia merasa kedinginan, suhu tubuhnya tetap hangat. Oleh karena itu, ibu perlu hindari memakaikan selimut atau pakaian tebal pada si kecil agar proses penurunan suhu tubuh berjalan lebih cepat.

Keliru Memilih Obat Penurun Panas Anak

Hal yang pertama kali terlintas di pikiran untuk mengatasi demam pada anak adalah meminumkan obat penurun panas. Obat penurun panas tentu bisa menurunkan demamnya secara efektif. Namun, hal yang ibu perlu perhatikan di sini adalah kandungan dan jenis obat penurun panas. Berikan ia obat penurun panas khusus untuk anak dengan kandungan paracetamol. Lalu, pastikan obat tersebut berbentuk sirup supaya lebih mudah dikonsumsi oleh si kecil. 

Itulah tiga hal yang perlu ibu hindari saat mengatasi demam pada anak. Ibu tidak perlu panik dan melakukan hal serius untuk meredakan demamnya. Hal ini dikarenakan demam dapat disembuhkan dengan cara yang sederhana dan akan hilang dalam dua atau tiga hari. Apabila si kecil sedang menderita demam yang disertai batuk, ibu bisa berikan ia OBH Tropica Plus dengan dua varian rasa, yakni jeruk dan stroberi yang pasti disukai si kecil. OBH Tropica Plus bisa anda dapatkan di apotek atau minimarket terdekat dan online lewat Shopee Tropicaofficial. Temukan artikel lainnya mengenai kesehatan di sini. 

Post a Comment