fbpx
batuk disertai flu

Jangan Samakan Batuk Biasa dengan Batuk yang Disertai Flu

Batuk adalah salah satu mekanisme sistem kekebalan tubuh untuk menghindari benda atau partikel asing yang masuk ke dalam tubuh, terutama saluran pernapasan. Batuk umumnya adalah hal yang normal dan bisa terjadi sesekali untuk menjaga saluran pernapasan tetap lembab. Akan tetapi, jika batuk terjadi terus-menerus dan terdapat juga gejala-gejala lain yang menyertai seperti demam atau sakit kepala, bisa jadi batuk tersebut merupakan sebab dari gangguan kesehatan. Batuk disertai flu merupakan salah satunya.

Flu Sebagai Penyebab Batuk

Batuk disertai flu adalah jenis batuk yang muncul akibat dari virus flu atau influenza. Influenza tergolong ke dalam jenis virus yang menyerang hidung, tenggorokan, juga paru-paru. Flu bisa dengan mudah menular, terutama saat 3 atau 4 hari pertama setelah penderita terserang virus ini. Terdapat juga beberapa kasus ketika sang penderita influenza bisa menularkan penyakit flu sebelum gejalanya muncul.

Penyebab Sakit Flu

Virus flu dapat menular dengan mudah melalui percikan air liur (droplet) di udara saat penderitanya bersin-bersin atau batuk. Virus flu juga bisa menempel pada permukaan atau benda. Ketika tangan seseorang menyentuh area hidung atau mulutnya setelah sebelumnya menyentuh benda yang terpapar bersin atau batuk disertai flu sang penderita, maka seseorang tersebut berpotensi untuk tertular.

Batuk Pilek dan Batuk Disertai Flu

Terkadang orang-orang menganggap sama batuk pilek dan batuk disertai flu. Padahal, kedua jenis ini cukup berbeda. Batuk pilek, atau nama lainnya adalah common cold merupakan infeksi akibat virus pada saluran napas yang tergolong ringan. Penyebab batuk pilek bisa akibat dari berbagai macam virus, tapi yang paling sering menyebabkan batuk pilek adalah human rhinovirus atau HRV.

Selain dari virus penyebabnya, gejala dari batuk pilek dan batuk disertai flu juga memiliki perbedaan, antara lain yaitu:

  • Berpotensi menimbulkan demam, sedangkan batuk pilek tidak.
  • Menyebabkan nyeri otot dan rasa tidak enak badan yang cukup berat, sedangkan batuk pilek umumnya hanya menyebabkan nyeri ringan.
  • Menimbulkan sakit kepala, sedangkan batuk pilek jarang.
  • Intensitas gejala seperti bersin, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan akibat flu lebih sering, sedangkan batuk pilek lebih sedikit.

Batuk disertai flu bisa Anda atasi dengan mengonsumsi obat batuk yang khasiatnya efektif. Satu di antaranya adalah OBH Tropica Plus. Obat batuk OBH Tropica Plus memiliki kandungan succus liquiritiae dan paracetamol yang mampu atasi batuk-batuk dan bersin akibat flu, juga gejala-gejala lainnya seperti sakit kepala dan demam. Untuk mendapatkan obat batuk berkhasiat ini, Anda bisa kunjungi di apotek atau minimarket terdekat, atau pesan secara online melalui shopee “Tropicaofficial”, website Halodoc, atau melalui website K24. Temukan artikel mengenai kesehatan lainnya di sini.

 

Post a Comment