fbpx
Flu dan Covid-19

Jangan Sampai Keliru! Ini Cara Membedakan Flu dan Covid-19

Kasus baru yang terjangkit Covid-19 di Indonesia sudah mencapai lebih dari 5000 orang hingga saat ini. Meskipun banyak orang yang mempelajari tentang COVID-19 dan virus penyebabnya setiap harinya, Masih banyak yang masih keliru membedakan Covid-19 dan flu biasa. Dikarenakan beberapa gejala flu dan COVID-19 serupa, terkadang sulit untuk membedakan keduanya berdasarkan gejalanya saja sehingga perlu adanya pengujian untuk membantu memastikan diagnosis. Tapi setidaknya, ada beberapa perbedaan signifikan yang perlu Anda ketahui agar Anda tidak sembarang melakukan self-diagnosis. Baca artikel sampai akhir untuk mengetahui secara pasti perbedaan batuk flu biasa dengan Covid-19.

Kesamaan Flu dan Covid-19

Virus penyebab COVID-19 dan flu menyebar dengan cara yang sama. Keduanya dapat menyebar di antara orang-orang yang berdekatan (dalam jarak 2 meter). Virus menyebar melalui tetesan pernapasan atau aerosol yang dilepaskan saat Anda berbicara, bersin, atau batuk. Virus ini juga dapat menyebar saat seseorang menyentuh permukaan yang terpapar virus di atasnya lalu menyentuh mulut, hidung, atau matanya.

COVID-19 dan flu memiliki banyak tanda dan gejala yang sama, di antaranya:

  • Demam
  • Batuk
  • Sesak napas atau kesulitan bernapas
  • Kelelahan
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung berair atau tersumbat
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Mual atau muntah, tetapi ini lebih sering terjadi pada anak-anak daripada pada orang dewasa¬†

Tanda dan gejala kedua penyakit dapat berkisar dari tanpa gejala hingga gejala ringan atau berat. Karena kedua penyaki ini memiliki gejala yang serupa, sulit untuk mendiagnosis kondisi yang Anda alami berdasarkan gejala Anda saja. Pengujian dapat dilakukan untuk melihat apakah Anda menderita COVID-19 atau flu. Anda juga bisa terkena kedua penyakit tersebut pada saat bersamaan.

Baik COVID-19 ataupun flu bisa menyebabkan komplikasi, seperti pneumonia, sindrom gangguan pernapasan akut, gagal organ, serangan jantung, radang jantung atau otak, stroke, bahkan kematian.

Perbedaan Flu dan Covid-19

Influenza dan COVID-19 sama sama merupakan penyakit pernapasan menular, tetapi disebabkan oleh dua virus yang berbeda. Terdapat pula beberapa perbedaan antara gejala COVID-19 dan flu. Jika Anda terjangkit COVID-19, Anda akan mengalami kehilangan rasa atau bau. Gejala COVID-19 secara umum muncul dua sampai 14 hari setelah terpapar. Sementara Gejala flu biasanya muncul pada rentan waktu satu hingga empat hari setelah terpapar. COVID-19 lebih menular dan menyebar lebih cepat dan memiliki angka kematian yang tinggi.

COVID-19 dapat menyebabkan komplikasi yang berbeda, seperti pembekuan darah dan sindrom inflamasi multisistem pada anak-anak.

Perbedaan lainnya adalah flu dapat diredakan dengan obat. Salah satu obat yang direkomendasikan untuk meredakan batuk yang disertai gejala – gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin adalah OBH Tropica Plus. Anda bisa memesan OBH Tropica Plus ini di Apotik dan supermarket terdekat atau Shopee Tropicaofficial. Temukan artikel mengenai kesehatan lainnya di sini.

 

Post a Comment