fbpx
flu dan pilek

Kiat Penanganan Ampuh dan Mudah Ketika Flu dan Pilek Melanda

Meski memiliki gejala yang serupa, namun flu dan pilek merupakan dua penyakit yang memiliki konsekuensi berbeda.

Gejala pilek biasanya cenderung lebih ringan dari gejala flu, sedangkan flu biasanya menyerang hampir ke seluruh tubuh, termasuk menyerang bagian organ penting seperti paru-paru.

Maka dari itu, kita sebaiknya tak menyepelekan kedua jenis gejala penyakit ini.

Ada beberapa cara untuk menangani flu dan pilek dengan mudah dan ampuh. Simak ulasan kiat-kiat penanganannya di bawah ya. 

Penanganan Gejala Awal Flu dan Pilek

Saat gejala flu atau pilek mulai terasa, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menambah cairan ke dalam tubuh.

Ini untuk menghindari tubuh kamu terkena gejala dehidrasi seperti sakit tenggorokan dan hidung tersumbat yang lebih parah. Kiat ini disampaikan oleh Profesor dan Ketua Bagian Kedokteran Preventif Vanderbilt University School of Medicine, William Schaffner.

Selain menambah cairan ke dalam tubuh, kiat penangan flu dan pilek dalam tahap gejala awal juga bisa kamu lakukan dengan berkumur menggunakan air garam.

Garam bermanfaat untuk menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi gejala peradangan serta meringankan iritasi di bagian tenggorokan.

Oh iya, mandi dengan air hangat juga bisa membantu meringankan gejala awal flu dan pilek. Tapi saran kami jangan mandi dalam kurun waktu yang cukup lama ya.

Penanganan Dua Jam Pertama 

Nah memasuki dua jam setelah gejala awal masuk ke dalam tubuh, kamu bisa melakukan cara penanganan selanjutnya yakni mengkonsumsi obat pereda flu dan pilek.

Kamu bisa mencari obat pereda yang dijual bebas di apotek atau jasa pelayanan kesehatan lainnya.

Mengkonsumsi obat pereda dapat membantu tubuhmu melawan rasa sakit yang timbul. Untuk obat pereda, andalkan selalu OBH Tropica Extra atau OBH Tropica Plus jika disertai dengan demam. Kandungan seperti Succus Liquiritiae dan Ammonium Chloride siap bantu mempercepat penanganan.

Penanganan Sehari Setelahnya

Jika minum obat, menambah cairan dan istirahat sudah dilakukan namun belum kunjung sembuh juga, coba lakukan diet sehat dengan memakan makanan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti daging tanpa lemak, ikan, gandum dan sayuran dengan kandungan antioksidan.

Namun jika belum menampakkan kesembuhan bahkan cenderung memburuk, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Bisa jadi Anda membutuhkan penanganan yang lebih mendalam dari dokter dan memerlukan obat-obatan antivirus, antibiotik atau obat resep dokter lainnya.

Kunjungi juga shopee kami di Tropicaofficial untuk temukan rangkaian dari obat batuk berdahak OBH Tropica.

Post a Comment