fbpx
warna dahak

Kuning, Coklat, Hijau: Apa Arti Warna Dahak Mu?

Tubuh Anda secara alami membuat lendir setiap hari, dan keberadaannya belum tentu merupakan pertanda sesuatu yang tidak sehat. Lendir, juga dikenal sebagai dahak ketika diproduksi oleh sistem pernapasan Anda, melapisi jaringan tubuh Anda (seperti hidung, mulut, tenggorokan, dan paru-paru), dan membantu melindungi Anda dari infeksi. Tubuh Anda menghasilkan sekitar satu liter lendir sehari. Adapun yang memang menjadi gejala penyakit tertentu, yang biasa disebut dahak. Terkadang, warna dahak ini tidak selalu sama. Selain bening, warna dahak bisa berubah menjadi putih, hijau, kuning, merah muda, merah bahkan hitam. Jangan pernah Anda anggap remeh perubahan warna dahak, karena setiap warna memiliki arti tersendiri.  Berikut penjelasan arti dari setiap warna dahak sebagai antisipasi kapan Anda harus ke dokter.

Dahak Kuning / Hijau

Dahak berwarna hijau kekuningan kemungkinan besar terkait dengan infeksi. Jenis infeksi tidak benar-benar dapat dilihat dari warnanya sendiri. Langkah pertama adalah Anda perlu berkonsultasi ke dokter. Mereka akan menanyakan pertanyaan seperti sudah berapa lama Anda sakit, apakah ada seseorang yang sakit di rumah atau di tempat kerja, apakah Anda demam, menggigil, nyeri otot, atau nyeri. Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu dokter Anda menentukan apakah Anda memerlukan antibiotik atau apakah itu sesuatu yang dapat mereka awasi lebih lama dan melihat apakah Anda dapat bertahan tanpa antibiotik.

Dahak Merah Muda, Merah atau Berdarah

Jika dahak Anda berwarna merah, merah muda atau berdarah, Anda harus segera periksakan ke dokter. Ini bisa terkait dengan infeksi atau kanker dalam beberapa kasus. Dokter akan menganalisa riwayat kesehatan yang lebih mendalam dan melakukan rontgen dada sebelum membuat diagnosis.

Dahak Putih 

Warna dahak putih bisa  dikategorikan sebagai dahak normal. Akan tetapi jika jumlahnya berlebihan, dahak putih biasanya mengindikasikan beberapa penyakit seperti, Bronkitis yang disebabkan virus, Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), Penyakit asam lambung, Gagal jantung.

Dahak Abu-abu

Jika Anda bekerja di pabrik yang banyak asapnya dan tidak memakai masker, Anda menghirup semua itu dan itu menyebabkan reaksi peradangan di saluran pernapasan Anda yang menghasilkan dahak. Iritasi bercampur dengan dahak dan saat Anda batuk. Sama halnya dengan merokok – terkadang kita melihat pasien yang merokok dua hingga tiga bungkus sehari mengalami batuk produktif. Sering kali mereka mengeluarkan sedikit semburat abu-abu atau berasap di dahak karena merokok

Dahak Coklat

Kadang-kadang orang yang memiliki penyakit paru-paru kronis yang sangat parah dapat mengeluarkan dahak kecoklatan atau tampak sangat kuat yang sedikit lebih jarang daripada warna tradisional. Dahak berwarna coklat tua dan keras terlihat pada pasien yang menderita fibrosis kistik atau bronkiektasis, yang merupakan penyakit paru-paru kronis. Dahak berwarna coklat karena darah dan peradangan kronis hebat yang menyertai keadaan penyakit kronis. Bakteri berkumpul di dalam paru-paru dan menyebabkan perubahan yang sangat bertahap pada konsistensi dan penampilan dahak.

Untuk mengurangi produksi dahak yang berlebih, kami merekomendasikan untuk minum obat batuk OBH tropica. Tapi jika batuk berdahak tak kunjung sembuh dan Anda mengeluarkan warna dahak yang tidak normal, segera konsultasikan ke dokter. Jika Anda berminat dengan OBH Tropica, Anda bisa mendapatkannya di Shopee Tropicaofficial, website Halodoc, dan website K24. Temukan artikel mengenai kesehatan lainnya di sini.

 

Post a Comment