makanan sehat untuk menghindari batuk berdahak dan pilek

6 Nutrisi Penting saat Batuk Berdahak dan Pilek untuk Memperkuat Sistem Imun Anak Selama

Saat anak mengalami batuk berdahak dan pilek, itu bukan hanya tanda bahwa mereka sedang berjuang melawan infeksi, tapi juga sebuah pengingat pentingnya sistem imun yang kuat. Selain istirahat yang cukup dan hidrasi, asupan nutrisi yang tepat berperan krusial dalam memperkuat sistem imun anak.

Artikel ini akan membahas nutrisi penting yang diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak selama mereka mengalami batuk berdahak dan pilek.

Nutrisi-nutrisi yang bisa membantu memperkuat sistem imun anak saat Batuk Berdahak dan Pilek

buah mengandung vitamin

1. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan. Dikenal dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang penting dalam melawan infeksi. Sumber vitamin C yang baik untuk anak-anak termasuk jeruk, stroberi, kiwi, dan sayuran hijau.

2. Vitamin D

Vitamin D berperan dalam meningkatkan fungsi imun dan mengurangi risiko infeksi pernapasan. Anak-anak bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi dan makanan seperti ikan berlemak, kuning telur, dan susu yang diperkaya.

3. Zinc

Zinc membantu dalam pembentukan dan fungsi sel imun. Kekurangan zinc bisa melemahkan sistem imun dan membuat anak lebih rentan terhadap penyakit. Sumber zinc meliputi daging, kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu.

4. Vitamin E

Sebagai antioksidan yang membantu dalam memerangi infeksi, vitamin E mendukung fungsi sistem imun anak. Sumber vitamin E yang baik antara lain alpukat, kacang almond, dan sayuran berdaun hijau.

5. Protein

protein

Protein tidak hanya penting untuk pertumbuhan dan perbaikan tubuh, tapi juga penting dalam pembuatan antibodi yang melawan virus dan bakteri. Pastikan anak Anda mendapat cukup protein dari sumber seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

6. Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang mendukung kesehatan usus, tempat sebagian besar sel imun tubuh berada. Yoghurt, kefir, dan makanan fermentasi lainnya adalah sumber probiotik yang baik.

Cara Memasukkan Nutrisi Ini ke dalam Diet Anak

nutrisi

  • Sajikan sarapan yang bergizi dengan sereal yang diperkaya vitamin dan mineral, ditambah dengan buah-buahan segar.
  • Kudapan sehat seperti potongan buah, yoghurt, atau kacang-kacangan bisa menjadi sumber vitamin dan mineral tambahan.
  • Variasi menu dengan memasukkan lebih banyak sayuran dan protein tanpa lemak ke dalam makanan mereka.
  • Hidrasi yang cukup juga penting. Berikan anak air putih, jus buah alami, atau sup untuk membantu menjaga cairan tubuh.

Memperkuat sistem imun anak dengan nutrisi penting bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk membantu mereka melawan batuk berdahak dan pilek, serta mencegah penyakit di masa depan. Dengan memperhatikan diet dan asupan nutrisi mereka, Anda membantu membangun fondasi kesehatan yang kuat untuk anak Anda.

Ingatlah, jika gejala batuk berdahak dan pilek bertahan atau disertai dengan demam tinggi, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sebagai alternatif, Anda juga bisa memberikan OBH Tropica Anak yang memiliki formulasi khusus untuk meredakan batuk pada anak sesuai dengan jenis batuknya. OBH Tropica bisa Anda dapatkan di minimarket, apotek, atau Shopee Tropicaofficial.

Post a Comment