fbpx
Perbedaan Pilek dan Flu

Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Pilek dan Flu

Sampai saat ini, masih banyak orang yang beranggapan bahwa pilek dan flu merupakan dua jenis penyakit yang sama. Hal ini karena terdapat beberapa gejala yang sama-sama ada saat pilek dan flu menyerang. Padahal, pilek dan flu merupakan dua penyakit yang tidak serupa dan ada beberapa faktor yang membedakannya. Perbedaan pilek dan flu dapat kita temukan melalui penyebab, gejala, dan cara mengobatinya. Agar tidak salah paham, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Pilek dan Flu Berdasarkan Penyebab

Pilek dan flu jelas berbeda dari segi penyebabnya. Pertama, pilek dapat terjadi karena serangan rhinovirus. Apabila seseorang terpapar virus ini, ia akan terkena selesma atau yang biasa disebut pilek. Kedua, pilek juga bisa disebabkan oleh penyakit bawaan dan cuaca, seperti udara dingin, alergi, atau sinusitis akut. Sementara itu, flu hanya akan datang apabila seseorang terinfeksi virus influenza. Berbeda dengan pilek, flu tidak bisa dipicu oleh kondisi kesehatan atau penyakit lain.

Perbedaan Pilek dan Flu Berdasarkan Gejala

Walaupun secara umum terlihat serupa, pilek dan flu memiliki gejala yang tak sama. Terdapat sedikit gejala khas yang menjadi pembeda antara kedua penyakit ini. Gejala pilek meliputi hidung meler dan tersumbat, sakit tenggorokan, dan bersin. Sedangkan flu merupakan penyakit yang lebih berat dari pilek. Hal ini dapat kita lihat dari gejala yang ditimbulkan dari flu, seperti sakit kepala, demam tinggi, menggigil, dan terkadang nyeri tenggorokan. Perbedaan paling mencolok dari kedua jenis penyakit ini adalah menggigil dan nyeri otot yang hanya bisa dirasakan saat mengidap flu.

Perbedaan Pilek dan Flu Berdasarkan Pengobatan

Berbeda penyakit, berbeda pula pengobatannya. Jika Anda sedang menderita flu, maka dianjurkan untuk mengonsumsi obat yang mengandung antivirus seperti oseltamivir dan zanamivir untuk meredakannya. Sementara penderita pilek dapat meminum obat alergi, yakni antihistamin. Namun, pastikan Anda telah memiliki resep dari dokter untuk mengonsumsi jenis obat tersebut. 

Nah, sekarang sudah terbukti kan? Ternyata perbedaan pilek dan flu dapat terlihat jelas melalui 3 faktor di atas. Pada intinya, kedua penyakit ini bisa sembuh apabila Anda menyeimbangkannya dengan rutin meminum obat dan istirahat yang cukup sampai benar-benar pulih. Untuk penderita flu, sebaiknya Anda tidak bepergian ke luar rumah agar virus influenza tidak menyebar ke lingkungan sekitar. Untuk obat pilek dan flu yang disertai demam, Anda juga bisa mengonsumsi OBH Tropica yang sudah terjamin halal dan aman dikonsumsi. OBH Tropica bisa Anda dapatkan di Alfamidi, apotek, dan online melalui Shopee.

Post a Comment