fbpx
Penyakit Musim Hujan

Waspada! Penyakit-Penyakit Ini Sering Muncul Saat Musim Hujan

Beberapa penyakit bisa menyerang kapanpun, tak mengenal musim atau waktu. Tapi nyatanya, ada juga beberapa penyakit yang jumlah kejadiannya atau penularannya meningkat di musim tertentu, contohnya musim penghujan. Apalagi bila penghujan menimbulkan banjir, hujan yang terus-menerus terjadi memudahkan kuman penyebab penyakit, baik virus, bakteri, parasit, dan jamur mudah berkembang biak. Lalu, penyakit apa saja yang rentan terjadi selama musim hujan? Berikut pembahasannya! 

Penyakit yang paling umum terjadi

Penyakit yang paling umum di musim hujan biasanya terkait dengan sistem pernapasan atau penyakit yang ditularkan melalui makanan. Pilek dan flu merupakan penyakit yang umum dijumpai pada musim hujan dan biasanya disebabkan oleh fluktuasi suhu dan infeksi virus. Ini terutama ketika sistem kekebalan Anda sangat rendah.

Berikut daftar penyakit yang terjadi saat Musim Hujan

  • Demam berdarah
  • Dingin
  • Flu
  • Infeksi makanan
  • Infeksi air
  • Kolera

Tindakan Pencegahan Selama Musim Hujan

Pastikan selalu membawa perlengkapan hujan saat Anda pergi keluar di musim hujan. 

Vitamin C – Meningkatkan asupan Vitamin C baik dalam bentuk alami atau sebagai suplemen makanan akan membantu Anda mengusir virus flu lebih cepat.

Mandi Setelah Kehujanan – Meskipun terdengar sangat tidak biasa karena jika Anda basah kuyup karena hujan, Anda tidak akan pernah ingin mandi lagi. Tetapi mandi setelah Anda kehujanan akan melindungi Anda dari banyak infeksi.

Minuman Panas – Setelah Anda pulang ke rumah dalam keadaan hujan, mandi, keringkan diri Anda dan kenakan pakaian yang kering dan bersih. Yang terbaik adalah membuat sup panas atau setidaknya minum secangkir susu panas. Ini akan membantu Anda dari masuk angin atau menyelamatkan Anda dari segala jenis infeksi yang dapat terjadi karena perubahan suhu tubuh secara tiba-tiba.

Kebersihan – Kebersihan sangat penting saat musim hujan. Anda harus membersihkan tangan secara teratur dan selalu menggunakan handsanitizer setelah itu.

Minum Banyak Air – Asupan air dapat berkurang secara alami karena penurunan suhu lingkungan secara tiba-tiba. Rutinlah minum air putih, jangan sampai menunggu haus. Ini akan membantu Anda mengeluarkan racun dari tubuh Anda.

Perhatikan Asupan Anda – Cobalah makan makanan bergizi dan hindari makan di luar selama musim hujan. Pastikan kebersihan makanan terjaga dan jaga kesehatan serta kebersihan di seluruh rumah.

Sangat penting untuk menjaga diri Anda tetap terlindungi selama musim hujan karena Anda dapat dengan mudah terkena infeksi. Itu selalu lebih baik untuk mengambil tindakan pencegahan dan bersiap setiap kali Anda pergi keluar rumah. Jika anda terserang flu, anda bisa meminum OBH Tropica Plus yang ampuh meredakan batuk dengan gejala demam dan flu. Dapatkan OBH Tropica di minimarket terdekat atau online via Shopee Tropicaofficial. Temukan artikel seputar kesehatan lainnya di sini.

Post a Comment