fbpx
jenis demam

Mengenal Jenis-Jenis Demam dan Faktor Penyebabnya

Pada umumnya, demam bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah gangguan kesehatan yang terjadi akibat adanya respon normal yang dikeluarkan tubuh terhadap berbagai kondisi, sebagian besar terjadi karena infeksi. Salah satu gejala medis yang paling sering terjadi ini ternyata memiliki beragam jenis dengan faktor penyebab yang berbeda-beda pula.

Seperti apa jenis-jenis demam yang biasa terjadi di sekitar kita? Dan apa saja faktor penyebabnya? Inilah ulasannya untuk Anda.

Demam Konstan dan Persisten

Sekilas mungkin Anda mengira kedua demam ini sama, namun kenyataannya sangat berbeda. Jenis demam konstan biasanya terjadi selama 1×24 jam dengan suhu penderita tetap berada di atas batas normal yakni diatas 37.5 celcius selama sehari atau bahkan lebih. 

Meski begitu, suhu demamnya tidak akan mengalami perubahan yang terlalu drastis. Biasanya demam ini sering dijumpai pada seseorang yang sedang terkena flu, batuk-batuk, influenza maupun alergi.

Nah sedangkan untuk demam persisten, merupakan jenis demam yang akan bertahan dan terus muncul bahkan hingga 14 hari. Namun, suhu demamnya akan stabil berada pada kisaran 38-38,5 celcius. Demam persisten sering mengidap seseorang yang sedang terkena infeksi kronis seperti tuberkulosis atau bronkhitis.

Jenis Demam Remiten

Jika biasanya kita mengenal demam akan turun sekitar 2-3 hari, atau bisa juga setelah 7 hari dengan tindakan penanganan yang dibantu oleh dokter, nah demam remiten ini suhu demamnya tidak bisa kembali ke suhu tubuh normal. Seseorang yang terkena demam remiten akan memiliki suhu tetap di atas normal sepanjang hari.

Jenis Demam Hiperpireksia

Jenis demam yang satu ini merupakan demam yang memiliki kondisi darurat medis. Pasalnya demam ini memiliki suhu tubuh melebihi 41,1 derajat celcius dengan gejala yang menyertai seperti denyut jantung meningkat, napas cepat, adanya kejang-kejang, hilang kesadaran hingga koma.

Jika demam hiperpireksia tidak ditangani dengan sesegera mungkin, akan menimbulkan dampak buruk seperti kerusakan organ hingga kematian.

Itulah jenis-jenis demam dengan berbagai faktor penyebabnya. Semoga Anda dan keluarga selalu berada dalam kondisi yang sehat dan jikalau terserang demam pun tidak begitu membahayakan kesehatan Anda dan keluarga lebih buruk.

Untuk itu, selalu lah sedia obat penurun demam dan pereda batuk seperti OBH Tropica Plus di rumah, guna membantu meredakan demam ringan. Anda bisa membeli OBH Tropica Plus di Alfamart, Alfamidi maupun toko online seperti Shopee, Halodoc dan K24. Temukan artikel mengenai kesehatan lainnya di sini.

Post a Comment